Salam hangat dan sukses untuk Bapak Wijoyo. Saya memiliki rumah baru dengan luas tanah 96m2 dan bangunan 40m2. Rumah ini menghadap ke selatan. Saya ingin memugar bangunan agar lebih berfungsi, luas, hemat energi, dengan sirkulasi udara tercukupi. Saya inginnya bangunan menjadi 2 lantai tanpa harus mengubah bangunan utama yang sudah ada. Sebagai informasi, di kanan dan kiri serta belakang bangunan sudah ada rumah berlantai 1. Adapun keinginan saya adalah sebagai berikut

1. Ruang tidur ingin saya perluas lagi, ditambah dengan kamar mandi di dalam.

2. Akses ruang jemur terpisah dari ruang lain dan terbuka.

3. Ada tambahan ruang makan dan dapur bersih.

4. Kamar pembantu dan gudang.

5. Ruang keluarga tanpa sekat. Demikian permintaan saya. Saya mohon Bapak Wijoyo membantu saya mendesain rumah saya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Edwin, Jakarta.

Salam hangat mas Erwin, Terima kasih untuk kiriman pertanyaannya. Apabila Anda menginginkan rumah yang hemat energi, berarti Anda memerlukan banyak bukaan untuk bisa memasukkan cahaya alami pada siang hari. Bukaan ini juga berfungsi sebagai sarana sirkulasi udara. Karena rumah Anda yang menghadap ke selatan, lintasan matahari tidak langsung menghadap rumah sehingga walaupun dibuat bukaan-bukaan lebar dan tinggi, Anda tetap merasa nyaman. Dengan demikian pada pagi hingga sore Anda dapat menghemat penggunaan listrik untuk penerangan.

Sebagai informasi, cahaya terang yang berasal dari arah selatan sering disebut sebagai terang langit. Jenis terang ini cukup untuk menerangi rumah Anda, namun tidak panas. Untuk penerangan malam hari, saat ini sudah banyak tersedia lampu yang lebih hemat energi dibandingkan sebelumnya, yaitu lampu LED. Memang untuk investasi awal atau harga barangnya lebih mahal dibandingkan dengan lampu hemat energi sebelumnya (TL atau SL), namun ketahanan dan umur pakainya jauh lebih lama juga.

Sedangkan untuk penghematan pemakaian AC, Anda dapat membuat sirkulasi udara dan ventilasi silang pada rumah. Pergerakan dan aliran udara yang baik di rumah dapat menjaga kualitas udara di rumah Anda. Ruang terbuka di rumah—seperti taman atau inner court—langit-langit yang tinggi, jendela, serta ventilasi udara akan sangat membantu pergantian udara di rumah Anda. Pada denah rumah Anda, saya memindahkan satu ruang tidur di lantai 1, agar Anda dapat memiliki ruang bersama (ruang keluarga dan ruang makan) yang terbuka dan lebih luas.

Meskipun rumah hemat energi tak menutup kemungkinan untuk menggunakan genset sebagai sumber energi listrik cadangan. Untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa memesannya pada Distributor Jual genset 1000 Kva di Surabaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *