Categories
Rumah

Tips Agar Dapur di rumahmu nyaman untuk Beraktifitas

Tips Agar Dapur di rumahmu nyaman untuk Beraktifitas – Tinggal di hunian dengan luas terbatas jangan dipandang sebagai sebuah kekurangan. Justru keterbatasan itu dapat menjadi tantangan kreativitas kita dalam menata. Begitu juga yang berlaku jika kita memiliki dapur yang ukurannya mungil. Mungkin awalnya kita berpikir bahwa fungsi dapur yang beragam tidak akan dapat terwadahi di sebuah dapur kecil. Namun dengan pengaturan yang tepat, Menata Dapur Mungil Teks Fransisca Wungu Prasati Ilustrasi Rio Satria Wicaksana dapur tidak akan berkurang fungsinya. Malah, dengan konsep multifungsi, sebuah dapur mungil dapat merangkap menjadi ruang makan, ruang kerja, bahkan menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Kali ini iDEA mengulas solusi atas masalah yang biasa ditemui di sebuah dapur berukuran terbatas. Yang pertama, kenyamanan gerak tidak boleh dikorbankan. Ada standar yang wajib diikuti, bagi dapur kecil sekalipun. Kedua, kelengkapan dapur kini semakin mudah dipenuhi berkat ketersediaan perangkat dapur kompak dari para produsen. Berikutnya adalah masalah penyimpanan. Maksimalkan berbagai sudut ruang, bahkan di sudut-sudut yang sulit terjangkau. Dengan desain dan sistem bukaan lemari dapur tertentu, ini sangat mungkin dilakukan. Untuk berbagai solusi tersebut, serta beragam inspirasi desain dapur mungil, silakan balik halaman ini!

D apur merupakan sebuah sarana yang tepat untuk mengapresiasi kecintaan dan ketertarikan kita akan hubungan yang hangat dengan keluarga, maupun interaksi yang personal dengan rekan, maupun relasi. Karena itu, dewasa ini dapur tidak hanya Teks Septian Tito Megananda Foto Abdul Hakim Santoso Properti Modena, Ambiente Showroom, Senopati, Jakarta Selatan untuk Hidup Masa Kini sekadar sebuah area untuk memasak, tetapi juga difungsikan sebagai tempat kita menyajikan makanan. Tentunya menjadi sebuah nilai tersendiri jika keluarga maupun relasi dapat melihat kesungguhan kita ketika meracik sebuah menu istimewa, dan langsung menyajikannya kepada mereka di waktu dan tempat yang sama. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari pada mencari dan mencoba menu baru, dengan mengeksplorasi buku resep-resep makanan favorit, dan langsung mempraktekkannya di dapur. Lebih daripada itu, dapur pun dapat menjadi area alternatif untuk mencari dan menggali inspirasi bagi kita yang memang memilih bekerja, maupun untuk menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah. Karena itu, dapur yang multifungsi kiranya dapat menjadi jawaban untuk memenuhi keinginan kita. Sebagai sarana penunjang bagi kehidupan yang semakin modern, terlebih bagi kita yang memiliki hunian dengan luas yang terbatas.

Ada beberapa poin yang harus kita perhatikan jika kita ingin membuat dapur multifungsi di rumah.

• Pertama tentunya memilih desain yang tepat agar nantinya dapat memenuhi ekspektasi kita. Karena nantinya kita akan lama berinteraksi di dalam dapur, area tersebut harus dapat memberikan kenyamanan dan keamanan ketika kita berada di dalamnya. Namun ada hal yang juga harus kita perhatikan, yakni bagaimana ruangan tersebut nantinya tetap ergonomis meskipun meja makannya juga berfungsi sebagai area kerja.

• Pemilihan kitchen set yang tepat menjadi poin berikutnya. Kesampingkan pemikiran jika kabinet maupun rak hanya sebagai tempat menyimpan alat dan bahan untuk memasak. Kita pun dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk menempatkan buku-buku. Atau bahkan kita dapat menaruh buku-buku tersebut begitu saja pada meja makan. Karena percayalah, susunan buku yang terlihat acak pada meja terkadang menjadi elemen dekoratif tersendiri pada dapur.

• Poin selanjutnya adalah memastikan tata cahaya dan udara telah sesuai untuk mendukung seluruh kegiatan kita. Jika dalam memasak dan membaca kita membutuhkan penerangan yang kontras, maka lain halnya apabila kita sedang menikmati hidangan. Terkadang dalam menikmati hidangan kita membutuhkan cahaya yang ringan dengan nuansa hangat. Tak lupa lengkapi pula rumah anda dengan genset yanmar, dengan adanya genset anda tidak perlu khawatir lagi bila listrik di rumah anda tiba tiba mati. Khusus anda yang tinggal di wilayah yogyakarta, pastikan anda membeli genset yogyakarta yang bergaransi dan berkualitas

Karena itu, tidak ada salahnya jika kita menggunakan 2 pencahayaan pada dapur. Begitupun dengan pengudaraan, kita harus memastikan sirkulasi udara berlangsung dengan baik. Kita tentu tidak mau terganggu dengan asap masakan ketika membaca atau menikmati hidangan, bukan? Jangan ragu untuk menerapkan ide desain apapun ke dalam ruangan. Pastikan interior dapur terlihat indah sehingga dapat bersanding sempurna dengan area rumah lainnya.

Selain menjadi nilai lebih, nilai estetika tentu akan mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika beraktivitas di dalamnya. Karena kita tidak akan pernah tahu berapa lama waktu yang akan kita habiskan ketika memasak, atau sekadar menunggu sebuah hidangan menjadi siap untuk disajikan. Tentunya dapat menjadi sebuah hal yang berharga jika kita memanfaatkan waktu tersebut dengan aktivitas lainnya. Sekarang mari kita lihat dapur kita, apakah kiranya dapat dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya? Jika iya, kenapa kita tidak coba untuk memanfaatkannya? Tentunya dengan cara dan ide yang sesuai untuk diri kita masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *