Sejak kemunculan HTPC (Home Theater Personal Computer) beberapa tahun yang lalu, motherboard dengan form factor micro-ITX menjadi komponen utama yang wajib digunakan karena memiliki ukuran yang kecil dan pas untuk dipasangkan dengan casing berukuran mini. Namun semenjak berkembangnya perangkat mobile saat ini yang memiliki performa hampir sejajar dengan sebuah PC, maka ukuran mini-PC juga semakin mengecil dengan ukuran komponen yang semakin disesuaikan.

Berbanding lurus dengan ukurannya, saat ini mini-PC bukan hanya digunakan sebagai perangkat komputer konvensional. Ukurannya yang semakin kecil memungkinkan mini PC untuk digunakan sebagai penunjang perangkat lain agar menjadi lebih atraktif dan menarik. Contoh yang paling mudah dan paling sering kita temukan adalah papan billboard. Mini-PC saat ini banyak digunakan sebagai komponen untuk mengatur pergerakan lampu dan gambar pada papan advertising atau billboard agar lebih menarik. Standar baru ukuran mini-PC dipelopori oleh Intel yang mengeluarkan produk Intel NUC (Next Unit Computing) tahun 2013 lalu di ajang Computer Electronic Show.

Intel memperkenalkan form factor board baru dengan sebutan UCFF (Ultra Compact Form Factor) dengan ukuran 100 x 100 mm. Dengan form factor ini, Intel bersaing dengan Mac Mini dan Raspberry Pi yang juga mengeluarkan sistem komputer dengan ukuran mini. Sistem komputer dari Intel ini memiliki prosesor yang sudah langsung ditanam di dalam board atau dikenal dengan nama embedded processor. Setelah Intel meluncurkan produk Intel NUC, beberapa produsen seperti Foxconn, Acer, GIGABYTE, Zotac, dan ASRock juga mengikuti dengan mengeluarkan produk sejenis dengan ukuran yang sama-sama mini, namun memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan keunggulannya masing-masing.

Beberapa produk ada yang sudah tersedia di pasar Indonesia, namun ada juga yang belum. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, performa mini-PC tidak dapat dipandang sebelah mata. Coba saja tengok Intel NUC terbaru yang sudah dibekali dengan prosesor terbaru Intel Haswell dengan varian Intel Core i3/i5/i7. Dengan kapasitas cache L3 sebesar 3 MB dari prosesor, kemampuan mini-PC setara dengan sebuah desktop dan bukan hanya mampu melakukan pekerjaan sehari-hari saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan serius.

Untuk urusan grafis, kemampuan Intel HD Graphics yang ditawarkan sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi hiburan, bahkan untuk menjalankan beberapa game kasual de ngan lancar. Berikut ini, CHIP tampilkan tiga pabrikan yang mengeluarkan produk mini-PC dan sudah dapat ditemui di Indonesia. Di antaranya adalah ASRock VisionX Family, GIGABYTE BRIX, dan Intel NUC Family.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *